Selasa, Juni 09, 2009

Pedas-Pedas Gurih Siomay Bandung

Jakarta - Rasa adonan ikan yang kenyal-kenyal lembut makin enak dimakan selagi hangat. Siraman bumbu kacang yang pedas gurih plus kucuran air jeruk limau membuat makanan ini jadi makin mantap rasanya. Jajanan yang enak dan murah ini juga cocok buat mengisi perut siang ini.

Sebenarnya siomay merupakan salah satu jenis dim sum yang populer. Bentuknya bulat dan berupa adonan yang dibungkus adonan yang ditipiskan. Jenisnya bisa berupa siomay ayam atau siomay udang. Karena rasanya gurih, isinya padat jenis dim sum ini banyak disukai orang.

Siomay Bandung merupakan adaptasi dari bentuk siomay asli. Adonan yang dipakai berupa adonan ikan tenggiri yang dicampur tepung kanji. Uniknya adonan yang sama juga diisikan pada kentang, tahu putih, dan pare. Semuanya dikukus dan disajikan dengan sambal kacang plus jeruk limau.

Menyantap siomay harus dalam keadaan panas, dipotong-potong, disiram saus kacang, dikucuri sedikit kecap manis, saus cabai dan air jeruk limau. Tentu saja seporsi lengkap siomay yang terdiri dari kentang, siomay, tahu, pare dan kol sudah mencukupi kebutuhan nutrisi. Jadi meskipun tergolong jajanan selingan tetapi bisa disantap sebagai menu makan siang.

Uniknya penjaja siomay ini lebih banyak berupa pedagang keliling atau mangkal di kaki lima. Meskipun ada juga yang menjual di rumah makan atau warung makan. Harganya relatif murah dan rasanya yang pedas-pedas gurih bisa bikin tubuh segar lagi! Berikut ini daftar penjual siomay yang bisa Anda singgahi siang ini.


Baso/Somay Johni
Pondok Indah
(belakang RS Pondok Indah)
Jakarta Selatan

Warung Siomay Stasiun Djuanda
Lantai bawah stasiun KA Juanda
Jl. Ir. H. Juanda
Jakarta Pusat

Warung Siomay
Jl. Boulevard Raya Blok WA II / 33
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telpon : 021-453-4295

Warung Siomay 'Mas Nur'
Stasiun KA Cikini, lantai bawah
Jakarta Pusat
HP: 0815-11723222

Siomay Pak Nurdin
Jl. Dewi Sartika
(depan Kilinik Azzahra)
Jakarta Timur
HP: 0813-389925110

Siomay YPK
Depan RS YPK Menteng
Jakarta Pusat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Menggunakan Jasa Bersihkan Rumah Online

Memang semakin mudahnya penggunaan aplikasi online sangat membantu aktivitas sehari-hari kita. Semakin berkembang teknologi, semua bisa dila...